Home / Travelling / Wisata Medis Berobat Jantung di Penang Malaysia – Bagian 4

Wisata Medis Berobat Jantung di Penang Malaysia – Bagian 4

Dalam artikel ini saya akan melanjutkan cerita saya tentang wisata medis berobat jantung di Penang Malaysia. Cerita ini merupakan lanjutan cerita dari sebelumnya. Bisa lihat di sini. Setiap kali saya ingin menulis cerita, saya ingin menulisnya sesingkat-singkat mungkin. Tetapi alhasil, tetap saja tulisan saya panjang.

Jadi setelah saya tiba di Penang atau dikenal dengan istilah Pulau Pinang. Ada yang menyebutnya Penang Food Paradise, Surganya tempat makanan, saya pikir iya juga ya, saya melihat begitu banyak makanan yang enak enak dan tidak mahal alias terjangkau. Harga makanan di sana pun berkisar 12 ribuan hingga 18 ribuan, ada juga yang lebih mahal. Tetapi rata-rata seperti itu.

Saya tiba di Penang sekitar pukul 6 sore / malam waktu setempat. Jadi kalau di Indonesia, Semarang / Jakarta, masih jam 5 Sore. Di sana pun suasana kota pun tidak gelap, karena masih terlihat matahari. Jadi benar-benar seperti kota Jakarta / Semarang sekitar jam 5. Berikut ini ada beberapa foto yang saya ambil ketika saya tiba di Airport Penang dengan nama Bayan Lepas Airport. Airport tersebut baru saja direnovasi, sehingga memang tampak baru airportnya.

Airport Penang Bayan Lepas
Sewaktu Tiba di Airport Penang Bayan Lepas
Halaman Parkir Airport Penang Bayan Lepas Malaysia
Halaman Parkir Airport Penang Bayan Lepas Malaysia
Suasana di Depan Airport Penang Bayan Lepas
Suasana di Depan Airport Penang Bayan Lepas

Setelah dari airport, kami mendapatkan fasilitas jemputan dari Rumah Sakit Advestist (Penang Adventist Hospital). Nama lengkap rumah sakit tersebut adalah Penang Adventist Hospital. Anda dapat cek websitenya di sini. Jadi sebelum kita menuju kota Penang, sebaiknya kita harus tahu ke rumah sakit mana yang akan kita tuju. Di Penang ada begitu banyak rumah sakit, ya cuma beberapa. Dan rata-rata memiliki spesialiasi sendiri, seperti untuk bypass jantung, adalah rumah sakit Adventist.

Untuk daftar rumah sakit yang ada di Penang, Anda dapat riset di google.com ataupun dari teman kerabat kita. Yang pernah saya temukan dan yang saya ketahui adalah

  • Gleneagles Penang Hospital
  • Penang Adventist Hospital
  • Island Hospital
  • Loh Guan Lye Specialist Centre
  • Lam Wah Ee Hospital

Untuk website resminya, Anda tinggal buka google.com, dan ketikan nama rumah sakit tersebut, pasti ketemu. Jika ada kesulitan, dapat menghubungi saya, saya akan membantu Anda

Untuk daftar lengkap rumah sakit di Penang Malaysia ada di sini

Di sini saya bukan untuk mempromosikan Advenstist Hospital ya, tetapi memang kami juga baru pertama kali datang ke sana, dan mendapatkan rekomendasi dari beberapa kerabat kami, dan ditambah berbagai informasi yang saya dapatkan.

Setelah kita tahu rumah sakit mana yang ingin dituju, hubungi rumah sakit tersebut, dapat melalui email, no telepon, ataupun BBM (jika mereka menyediakan fasilitas BBM).

Saya waktu itu berkomunikasi dengan HUMAS Pasien Indonesia di Penang Adventist Hospital melalui email. Saya memilih email, karena biaya yang relatif lebih murah dibanding melalui telepon. Berikut ini saya infokan email yang Anda dapat hubungi :

  • Ronnie Khoo, dia adalah orang malaysia, tetapi dia adalah salah satu HUMAS untuk pasien Indonesia. Dia sangat ramah  ^ _^  HP : +6012-407 5133 / humas@pah.com.my
  • Rafeah Jeannie Erde, beliau adalah orang Indonesia, saya menghubungi  beliau waktu itu, saya bertanya seputar rumah sakit, biaya dokter dan biaya bypass. Semua informas dapat ditanyakan beliau melalui email. HP : +6012 492 1133 / jeannie@pah.com.my
  • Janni Muliana Utomo, H/P : +6012 410 9133 / janniutomo@pah.com.my beliau adalah orang Indonesia, tetapi berkeluarga di Malaysia. Suaminya adalah orang asli Malaysia. Untuk BB : 2A671A9E

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum ke sana, Anda sebaiknya tahu dengan dokter siapa kita akan berkonsultasi.

Jadi saya ulang kembali ya, yang pertama adalah rumah sakitnya, dan kedua adalah dokternya. Ketika kita sudah tahu dengan nama dokternya, berikutnya adalah Anda harus pastikan beliau tidak cuti pada tanggal kita akan ke sana. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat menanyakan hal tersebut melalui email

Ada satu website yang up to date untuk melihat daftar cuti dokter yang ada di rumah sakit Penang.

https://www.georgetownpenang.com/medical-tourism/doctor-schedule/

Ada satu fasilitas penjemputan dari Bandara Penang menuju ke tempat tinggal Anda, ataupun ke rumah sakit. Ini GRATIS. Keren bukan? Anda harus terlebih dahulu, mendaftarkan diri kita, Anda dan keluarga Anda. Cantumkan namanya siapa saja, no penerbangan, jam penerbangan dan tanggalnya. Informasi tersebut dikirimkan ke rumah sakit yang bersangkutan.

Umumnya, rata-rata rumah sakit swasta di Penang, memiliki jasa jemputan gratis. Waktu itu, saya menghubungi Ibu Jeannie, dan saya menginfokan siapa saja yang dijemput. Informasi ini paling lambat 1 hari sebelum kedatangan kita. Atau alangkah lebih baik jauh-jauh sebelum harinya

Jika Anda telah selesai berobat Anda dapat diantar juga melalui jasa ini, dengan gratis. Tetapi terbatas ya, untuk 1 pasien, dan 1 orang yang menemani,dan lainnya perlu membayar RM 5 / RM 10 tiap orang. Hal ini saya pikir lebih murah dibandingkan kita menggunakan taksi luar ya. Untuk biaya taksi dari Airport ke pusat kota dan sebaliknya berkisar RM 30 – RM 40

Rata-rata taksi yang saya jumpai, semua menggunakan metode tawar menawar. Jadi tidak menggunakan alat argometer. Untuk jarak dekat RM 10, untuk jarak jauh RM 30 – RM 40.

Berikut ini saya lampirkan foto rumah sakit Adventist pada dini hari. Ya, waktu itu saya datang pukul 4 pagi hari (waktu Penang), jadi kalau di Semarang pukul 3 pagi. Hal itu saya lakukan untuk mengambil nomer antrian. Karena memang seperti itu, banyak orang berbondong-bondong untuk antri.

Penang Adventist Hospital Malaysia
Jam 4 Pagi di depan Penang Adventist Hospital Malaysia
88 Tahun Penang Adventist Hospital
88 Tahun Penang Adventist Hospital
Suasana di Dalam Rumah Sakit Adventist
Suasana di Dalam Rumah Sakit Adventist Pukul 4 Pagi
Nomor Registrasi Dokter Teh Aik Seng
Nomor Registrasi Dokter Teh Aik Seng

Salah satu dokter konsultan yang terkenal adalah Dokter Teh Aik Seng, spesialis jantung. Untuk mendapatkan konsultasi dokter tersebut, saya harus antri, dan datang lebih pagi. Padahal counter nomer antrian baru dibuka jam 6 pagi (waktu Penang). Tetapi sebelum jam 6, sudah banyak sekali yang antri. Takjub? Ya, saya pun takjub hal demikian.

Ada satu hal yang menarik dengan rumah sakit ini, lihat di bagian depan rumah sakit ini, ada satu statement yang menenangkan hati saya. God Heals We Help, Tuhan Menyembuh Kami Membantu

God Heals We Help - Tuhan Menyembuh Kami Membantu
God Heals We Help – Tuhan Menyembuh Kami Membantu

Saya mendapatkan informasi penjemputan gratis, itu dari internet. Luar biasa ya, betapa hebatnya informasi yang ada di Internet.

Semoga sharing saya dapat membantu Anda semuanya. Nantikan cerita saya berikutnya, tentang serunya pengalaman dalam proses registrasi, dan bertemu dengan banyak orang di sana.

Tuhan Yesus memberkati Anda semuanya.

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.
Close